Troubleshooting Jaringan dan Pemecahan Masalah Pada Lapisan LAN


Troubleshooting Jaringan dan Pemecahan Masalah Pada Lapisan LAN - Dalam pemeliharaan suatu Jaringan Komputer pasti akan menemukan suatu keadaan dimana Jaringan tidak berjalan sebagaimana semestinya. Nah, pada saat itulah seorang Admin jaringan harus segera menemukan inti masalah pada jaringan tersebut. Kegiatan ini yang dinamakan Troubleshooting Jaringan. 

Troubleshooting Jaringan dan Pemecahan Masalah Pada Lapisan LAN

Apa itu Troubleshooting Jaringan? Sebelum melakukannya kita harus paham hakikat Troubleshooting Jaringan. Selain itu kita juga harus tahu betul bagaimana keadaan jaringan yang dianggap sebagai keadaan normal sebelum terjadi perubahan yang tidak wajar. maka dari itu disini saya akan mengulas tentang hakikat Troubleshooting Jaringan serta Pemecahan Masalah Pada Lapisan LAN. Berikut adalah ulasannya.

Troubleshooting Jaringan

Troubleshooting adalah melakukan serangkaian langkah langkah untuk meminimalisir kesalahan dari satu per satu tahap hingga akhirnya menemukan pokok permasalahan yang harus diperbaiki. Jadi jika diaplikasikan pada jaringan, Troubleshooting Jaringan adalah melakukan serangkaian langkah langkah untuk menemukan permasalahan yang ada pada jaringan dimulai dari satu tahap ke tahap berikutnya hingga akhirnya kita mampu menemukan pokok masalah yang harus kita perbaiki agar jaringan tersebut bisa berjalan sebagaimana semestinya.

Jadi intinya Troubleshooting jaringan itu adalah melakukan kegiatan untuk menganalisa jaringan, menemukan masalah yang terjadi pada jaringan kemudian memperbaiki permasalahannya sehingga jaringan dalam keadaan normal kembali.

Pemecahan Masalah pada Lapisan Fisik LAN

1. Lapisan Fisik LAN

Lapisan Fisik pada Lapisan LAN ini sering kita sebut sebagai Lapisan OSI ( Layer OSI) yang mana terdiri dari 7 Layer. Lapisan Fisik adalah keseluruhan komponen yang membentuk jaringan itu sendiri. Berikut adalah urutan, fungsi serta contoh pada masing masing layer.
LAYER FUNGSI CONTOH
Application (7) Mendukung aplikasi untuk dapat berkomunikasi melalui jaringan SMTP
Presentation (6) Merubah data agar dapat dikenali oleh penerima JPG,GIF,HTTPS
Session (5) Membuat koneksi dan memutuskannya jika seluruh data telah dikirim NetBIOS,PPTP
Transport (4) Mengatur flow control, acknowledgment dan mengirim ulang data apabila diperlukan TCP, UDP
Network (3) Memberikan alamat jaringan pada paket Router, Layer-3 Switch
Data Link (2) Memberikan MAC Address pada paket Switch
Physical (1) Mengirim data melalui media transmisi jaringan Hub, NIC,Kabel

2. Pemecahan Masalah pada Lapisan Fisik LAN

Masalah pada Lapisan Fisik LAN sangat bermacam-macam,bisa pada saat pemasangan/perancangan/pembuatannya semua memiliki potensi membuat masalah pada lapisan fisik LAN. Maka dari itu perlu kita lakukan beberapa kegiatan kegiatan berikut untuk meminimalisir kesalahan pada lapisan fisik pada saat pembangunannya. 
A. Pendokumentasian Jaringan
Pada saat kita membangun sebuah jaringan maka kegiatan Pendokumentasian sangatlah penting kita lakukan karena ini akan memudahkan kita dalam melakukan Troubleshooting Jaringan apabila jaringan terdapat kesalahan. Kegiatan Pendokumentasian Jaringan diantaranya, sebagai berikut:
  • Pemberian identitas pada setiap kabel.
  • Kemudian membuat gambar seluruh kabel yang ada dan terhubung dalam jaringan.
  • Membuat daftar dari seluruh alat yang terhubung dalam port switch dan Hub.
B. Menggunakan Standar Pengkabelan
Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam perbaikan yang dilakukan oleh teknisi yang bukan memasangnya.
Masalah-masalah yang sering terjadi dalam lapisan LAN 
  • Kegagalan Kabel.
  • Kerusakan pada Kabel dan Konektor
  • Gangguan atau kerusakan pada alat penghubung Jaringan yaitu Switch dan Hub.
Sekian bahasan tentang Troubleshooting Jaringan serta Pemecahan Masalah pada LAN yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url