Perbedaan Protocol TCP dan UDP beserta Karakteristik

Pengertian, Karakteristik, Perbedaan Protocol TCP dan UDP - Sebuah Jaringan Komputer sebenarnya sama seperti sebuah Sekolah. Sekolah menyediakan hubungan keterkaitan antara anggota satu dengan yang lain seperti hubungan guru dan murid yang mana guru bertanggung jawab untuk memberikan ilmu yang dibutuhkan murid dan murid juga datang ke sekolah untuk menimba ilmu dari sang guru. Hubungan antara murid dan guru di jaringan komputer juga ada yaitu Server, dimana dalam suatu jaringan ia bekerja sama halnya guru yaitu memberi layanan apa yang dibutuhkan oleh  murid yaitu Client yang meminta layanan darinya.Nah sama juga dengan sebuah sekolah yang memiliki peraturan yang disebut tata tertib sekolah Jaringan Komputer juga memiliki aturan yang disebut Protocol.

Perbedaan Protocol TCP dan UDP beserta Karakteristik
Lantas apa itu Protocol? Protocol adalah sebuah aturan atau standar yang mengijinkan beberapa komputer untuk saling terhubung dan melakukan perpindahan data. Contoh dari Protocol Jaringan Komputer yang paling sering kita dengar adalah Protocol TCP dan UDP. Nah pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang Protocol TCP dan UDP. Mari simak ulasannya berikut.

TCP (Transmission Control Protocol)

Merupakan sebuah protocol dalam jaringan komputer yang berada pada Lapisan Transport yang mana protocol ini menyediakan komunikasi yang handal (Realible) dan mempunyai urutan yang rapi. Jadi saat komputer sumber akan mengirim data ke komputer tujuan melalui protocol TCP maka pengiriman harus berdasarkan koneksi,dimana pada saat pengiriman data akan terjadi proses tanya jawab jika ada data yang belum terkirim atau hilang maka data tersebut akan dikirim ulang.

Karakteristik TCP:

  • Realible (dapat diandalkan).
  • Data dijamin urut.
  • Menggunakan mekanisme Handshake.

Aplikasi yang menggunakan Protocol TCP:
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure).
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol).
  • POP3 (Post Office Protocol 3).
  • SSH (Secure Shell).

UDP (User Datagram Protocol)

Merupakan protocol pengiriman data yang berada pada Lapisan Transport dimana protocol ini tidak dapat diandalkan (Unrealible) dan bersifat Connectionless Oriented. Maksudnya yaitu suatu paket data yang dikirim melalui protocol UDP dari komputer sumber ke komputer tujuan tanpa berdasarkan koneksi jadi apabila ada data yang tidak terkirim atau hilang pada saat pengiriman, UDP tidak menyediakan koreksi kesalahan.

Karakteristik UDP:

  • UDP menyediakan mekanisme proses tertentu terhadap suatu host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.
  • Tidak berdasarkan koneksi (Connectionless Oriented).
  • Pengirim harus membuat datagram dahulu sebelum pengiriman dan mengirimkan datagram tersebut ke proses yang dituju.
  • Penerima harus menguraikan paket datagram yang dikirimkan oleh pengirim untuk mengetahui informasi yang dikirimkan.

Aplikasi yang menggunakan UDP:
  • DNS (Domain Name System)
  • SNMP (Simple network Mail Protocol)
  • SunRPC

Perbedaan Antara TCP dengan UDP

TCP UDP
Pengiriman berbasis koneksi Pengiriman tidak berbasis koneksi (Connectionless Oriented)
Dapat diandalkan (Realible) Tidak dapat diandalkan (Unrealible)
Data dijamin urut Pengiriman data secara terus menerus dengan tidak peduli apakah data diterima atau tidak yang penting data telah dikirimkan
Menyediakan Flow Control Mengutamakan aspek kecepatan
Apabila ada data yang belum dikirim atau hilang data akan dikirm ulang Apabila ada data yang tidak terkirim atau hilang, maka protocol tidak akan mengirim ulang data

Sekian bahasan seputar Perbedaan Protocol TCP dan UDP. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url