Pengertian dan Spesifikasi Wifi Lengkap


Pengertian dan Spesifikasi Wifi Lengkap - Jaman sekarang dengan adanya teknologi yang terus menerus berkembang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Sehingga kita dapat bertukar informasi dengan lancar dan aman teknologi yang sering kita temui salah satunya adalah wifiDengan banyaknya tempat yang menyediakan fasiitas berupa wifi banyak sekali jasa layanan provider atau ISP yang berlomba-lomba untuk memberikan jasa dan fasilitas yang terbaik.

Pengertian dan Spesifikasi Wifi Lengkap

Nah kali ini kita akan bahas tentang apa itu wifi? Yang jelas sebuah wifi dapat menghubungkan kita agar terhubung internet dengan mudah bukan? Apalagi jika kecepatan wifi yang diberikan sangat tinggi ditambah lagi gratis atau tidak diberikan pengaman atau sandi. Sangat menyenangkan bukan seharian bermain internet menggunakan wifi? Nah berkut ini pembahasan mengenai wifi

Pengertian Wifi

Wi-Fi merupakan kepanjangan dari wireless fidelity adalah sekumpulan standar yang digunakan pada jaringan local nirkabel (WLAN) yang  memiliki standar IEEE (Institute of Electrical and Electronics Enginers) 802.11x dimana x adalah sub standar sebuah teknologi wireless atau nirkabel yang menyediakan akses internet dengan bandwidth besar. Teknologi ini sering digunakan untuk mengakses internet hal ini dikarenakan banyaknya computer dengan kartu nirkabel (wireless card) terhubung dengan internet menggunakan titik akses atau hostpot terdekat.
Baca Juga : Pengertian Internet Lengkap Beserta Manfaatnya

Spesifikasi Wi-Fi

#1 IEEE 802.11b

IEEE 802.11b adalah sebuah standar yang dikembangkan dari IEEE 802.11 yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan hingga 5,5 mb/s atau memiliki kecepatan 11 mb/s dengan menggunakan frekuensi 2,45 Ghz.

Metode transmisi yang digunakan pada standar IEEE 802.11b adalah DSSS (Direct Sequence Spread Spactrum) dan beroperasi pada 2400 MHz sampai dengan 2483,50 MHz dan mengizinkan operasi dalam chanel masing-masing 5 MHz

#2 IEEE 802.11a

IEEE 802.11a bekerja pada bandwidth 5,8 GHz dengan kecepatan maksimum sampai dengan 54Mb/s frekuensi  yang digunakan adalah 5 GHz. Metode transmisi yang digunakan pada standar IEEE 802.11a adalah OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) yang digunakan untuk mengizinkan pentransmisian data secara parallel didalam sub frekuensi. Memiliki keunggulan resistansi terhadap interferensi dengan gelombang lain.

#3 IEEE 802.11g

IEEE 802.11g yaitu standar jaringan nirkabel yang bekerja pada frekuensi 2,45 GHz dan  memiliki kecepatan sampai dengan 54 Mb/s pada pita  frekuensi 24Ghz. Metode modulasi yang  digunakan pada standar IEEE 802.11 g adaah OFDM (Orthogonal Frequency Division Mutiplexing). Serta lebih resistan terhadap interferensi dari gelombang lainya.

Perangkat wireless

Acces point

Acces point adalah sebuah perangkat jaringan yang digunakan untuk mentrasmisikan  dan menerima sinyal serta memberikan titik akses jaringan kepada client. Berfungsi untuk dapat berkomunikasi antara cient nirkabel dengan jaringan berkabel dan AP lain.

Konfigurasi AP

#1 Root mode

Root mode merupakan acces point yang berkomunikasi dengan jaringan wireless dan jaringan kabel serta acces point yang lain. Cara kerjanya adalah titik akses akan tersambung pada suatu backbone berkabel. Sehingga client nirkabel dapat berkomunikasi dengan client nirkabel lainnya yang berlokasi pada sel-sel yang berbeda melalui titik akses masing-masing sepanjang segmen berkabel.

#2 Repeater mode

Repeater mode adalah sebuah titik akses memiliki kemampuan untuk menyediakan up stream link wireless atau jaringan nirkabel dengan jaringan berkabel. Berfungsi untuk mengurangi jangkauan sejauh mana client dapat tersambung pada titik akses repeater

#3 Bridge mode

Bridge mode adalah acces point layaknya jembatan wireless. Jembatan ini digunakan untuk dua link atau lebih segmen jaringan berkabel dengan wireless secara bersamaan. Jadi client tidak terhubung dengan bride, namun bridge digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih segmen berkabel dengan teknik nirkabel.

Sekian artikel yang dapat penulis bagikan tentang Pengertian dan Spesifikasi Wifi. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Sejarah_Jogjakarta
    Sejarah_Jogjakarta 17 Desember 2018 pukul 20.09

    Keren mas sangat membantu

    • Nanda Elang
      Nanda Elang 11 Mei 2022 pukul 14.47

      Terima Kasih Sudah mampir.. :-d

  • Nanda Elang
    Nanda Elang 17 Desember 2018 pukul 20.10

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Add Comment
comment url