Pengertian Internet Lengkap Beserta Manfaatnya

Pengertian Internet – Hallo kali ini saya akan membahas tentang internet nih. Saya yakin kalian pasti sudah mengenal internet, Namun dalam artikel ini saya akan menjelaskan lebih detail tentang jaringan internet. Mungkin dari kalian sudah banyak yang paham tentang dasar internet tetapi masih banyak juga yang belum mengetahuinya, Supaya adil saya akan menjelaskan dari awal.
Pengertian Internet

1. Pengertian Internet

Internet adalah sistem atau jaringan yang menghubungkan komputer di berbagai dunia dengan menitik pusatkan pada satu titik (node) yang selalu terhubung tanpa batas waktu.

Kepanjangan internet adalah Interconnection Networking. Internet menggunakan standar komunikasi yang disebut dengan Internet Protocol Suite (TCP/IP)

Internet dalam dikatakan terhubung apabila komputer, smartphone (perangkat) yang sedang dalam keadaan jaringan online dan dapat saling berkomunikasi.

Untuk menghubungkan perangkat komputer atau yang lainya dengan internet, kita membutuhkan alat perantara diantaranya adalah serat optik ,kabel, satelit, dll. Alat-alat tersebut sering disebut dengan backbone.

Gimana ? sudah ada gambaran, apa yang dimaksud dengan internet ?

Kalau masih belum paham, simak di bawah ini. Tolong dipahami ya, karena belajar tentang jaringan kita tidak dituntut untuk menghafalkan melainkan kita harus memahami konsepnya.

Pengertian Internet
Contohnya seperti ini. Ketika pc saya yang hendak membuka facebook melalui browser. maka saya akan mengirim request kepada server google melalui internet.
Nah, nanti server akan membalas request pc saya dengan mengirimkan halaman facebook. Setelah paket diterima, Pc saya baru dapat menampilkan halaman facebook.

Jadi internet itu hanya sebagai perantara antara PC saya dengan Server, yang jaraknya jauh bahkan berbeda negara. Kalo anda sudah paham konsep internet kita masuk ke Pembahasan Selanjutnya yaitu Manfaat Jaringan Internet.

2. Mannfaat Jaringan Internet

Manfaat dari internet sangat banyak sekali, kita tidak dapat menghitung berapa banyak manfaat setelah adanya internet. Intinya kita dapat berbagi atau mencari informasi yang berada di seluruh dunia secara gratis. 

karena kita bebas beropini atau memberikan informasi di internet. Pasti ada saja orang jahat yang menyebarkan berita hoax di internet.

Oleh karena itu kita sebagai pengguna internet yang pintar, harus bisa menggunakan internet dengan bijak. menyaring informasi yang bermutu dengan informasi yang tidak penting.

3. Dampak Positif Dan Negatif Internet

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, dampak positif dan negatifnya internet tergantung pada penggunanya. Jadi jangan salahkan internet karena internet hanya sebagai penghubung saja. Sekali lagi saya ingatkan jadilah pengguna internet yang pintar.

Terima kasih anda sudah membaca artikel saya tentang pengertian internet. Jika bagi anda artikel ini layak dibagikan, anda bisa share dengan menekan tombol share yang telah kami sediakan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url