Macam Macam Komponen Prosesor (Processor)

Macam Macam Komponen Prosesor - Semakin berkembangnya era digital kita sering menemukan alat yang bernama komputer, tapi tau gak sih perbedaan komputer satu dengan yang lain? Yap betul banget beberapa perbedaan yaitu  merek dan spesifikasi. Salah satunya nih yang dicari adalah prosesor atau CPU. Apalagi para gemers atau editor, selain merek mereka juga mencari spesifikasi yang mumpuni. Alasanya tentu untuk mempermudah pekerjaan mereka, sebelum membeli mereka akan mereview terlebih dahulu spesifikasi computer yang akan dibeli, salah satunya processor tau gak sih apa itu CPU atau processor? Kesempatan kali ini kita bahas yuk apa sih itu prosesor

Macam Macam Komponen Prosesor (Processor)

CPU atau processor adalah komponen terpenting dari system computer untuk mengolah data berdasarkan instruksi-instruksi yang diberikan. Komponen kecil ini adalah inti dari computer atau bisa disebut sebagai otak computer dan komponen inilah seluruh perhitungan sistematis yang sangat sulit dilakukan maka dari itu kecepatan, kehandalan dan kompabilitas computer  ditentukan oleh processor. 

Prosesor dapat dibedakan dari beberapa jumlah data busnya. Misalnya ada prosesor 8 bit, berarti processor memiiki 8 data bus. Ada beberapa produsen processor contohnya AMD, intel, cyrix dan winchip IDT. 

#Fungsi processor
Menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil dan menguji instruksi-instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu-persatu sesuai alur perintah.

Macam Macam Komponen Procesor

CPU tersusun dari bebrapa komponen yaitu:

A. Arithmetic and logic unit (ALU)

Bertugas untuk membentuk fungsi pengolahan data aritmatika dan logika pada komputer. ALU atau sering disebut dengan mesin bahasa (machine language) karena mengerjakan intruksi bahasa mesin. ALU terdiri dari dua bagian yaitu unit arithmetika dan unit logika Boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.

B. Control unit (CU)

Bertugas untuk mengontrol operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol computer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi operasinya serta mengabil intruksi dari memori utama dan menentukan jenis intruksi tersebut.
Tugas dari CU adalah sebagai berikut:

  • Mengatur dan mengendalikan alat output dan input
  • Mengabil instruksi dari memori utama
  • Mengambil data dari memori utama 
  • Mengirim instruksi ke ALUbia ada perhitungan arithmetika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama 


C. Register

Media penyimpanan interna CPU yang digunakan saat proses pengoalahan data. Memori ini bersifat sementara yang digunakan untuk menyimpan data saat diolah atau untuk pengolahan selanjutnya.

D. CPU interconnection

Sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU yaitu ALU, unit control, dan register dengan bus-bus external CPU yang menghubungkan dengan sistem lainya seperti memori utama sebagai piranti masukan dan keluaran.

Macam Macam Komponen Prosesor (Processor)

Hal-hal yang dilakukan CPU adalah sebagai berikut:

  • Fetch instruction ( mengambil instruksi) yaitu CPU membaca instruksi memori
  • Interpret instruction (menerjemahkan instruksi) yaitu CPU menerjemahkan instruksi untuk menentukan langkah selanjutnya
  • Fetch data( mengambil data) yaitu eksekusi instruksi yang mungkin memerukan pembacaan data dari memori data atau modul I/O
  • Process data ( mengolah data ) yaitu eksekusi instruksi yang memerlukan operasi arithmetik 
  • Write data ( menulis data ) yaitu hasil eksekusi yang mungkin memerlukan penulisan data ke memori atau ke modul I/O

Jadi itulah pembahasan singkat mengenai Macam Macam Komponen CPU atau Procesor secara umum semoga dapat dipahami dengan mudah. Nah cukup sekian ya pembahasan kali ini semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url