Pengertian, Tujuan, Macam Macam Monitoring Jaringan

Pengertian,Tujuan, Tahapan, Macam Macam Dan Contoh Aplikasi Monitoring Jaringan Komputer - Seorang Admin Jaringan memiliki tanggung jawab dalam merawat dan menjaga jaringan agar tetap dalam kondisi yang maksimal. Keseluruhan kondisi dan aktivitas jaringan harus diketahui dan terkontrol oleh seorang Admin Jaringan. Untuk melakukan tugas tersebut admin akan melakukan suatu proses yang disebut sebagai Monitoring Jaringan. 

Pengertian, Tujuan, Macam Macam Monitoring Jaringan
Monitoring Jaringan dilakukan oleh Admin Jaringan untuk selalu mengawasi segala aktivitas yang dilakukan jaringan. Nah,  apa kalian sudah paham sebenarnya apa sih monitoring jaringan? mungkin dari awalan  saya diatas kalian pasti sudah ada sedikit gambaran mengenai Monitoring Jaringan dimana monitoring ini merupakan suatu langkah mengawasi jaringan. Namun untuk lebih jelasnya saya akan memberikan sedikit ulasan pengetahuan saya seputar Monitoring Jaringan. Mari kita simak ulasannya.

Pengertian Monitoring Jaringan

Monitoring jaringan adalah suatu proses mengumpulkan dan menganalisa data data yang ada dalam suatu lalu lintas jaringan dengan tujuan memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada pada Jaringan Komputer tersebut.

Lalu kenapa admin harus melakukan Monitoring Jaringan? Nah ini dia alasan utama kenapa admin harus melakukan Monitoring Jaringan:
  1. Dapat menjaga stabilitas jaringan karena kondisi jaringan selalu terpantau oleh admin sehingga apabila suatu saat jaringan dalam keadaan yang abnormal dapat segera ditangani oleh admin.
  2. Mempermudah dalam pengawasan jaringan yang memiliki jumlah mesin ( host) yang besar.
  3. Membantu admin utuk lebih mudah mendeteksi kesalahan pada jaringan, gateway, server maupun user.
  4. Mempermudah dalam pembuatan dokumentasi jaringan.

Fungsi Monitoring Jaringan

Monitoring jaringan dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan segala informasi yang berguna yang nantinya dapat digunakan untuk mengontrol dan mengatur jaringan komputer dengan  informasi yang telah terkumpul tersebut. Selain memiliki tujuan, Monitoring Jaringan juga memiliki banyak fungsi, sebagai berikut :
  1. Membantu dan mempermudah admin jika ingin mendesain ulang jaringan.
  2. Mengatur flow kontrol data dan paket yang berlalu lintas dalam jaringan.
  3. Membantu admin untuk dapat mengetahui aktivitas yang berlangsung dalam jaringan.
  4. Mampu menganalisa kinerja jaringan komputer untuk membantu admin mengetahui berbagai informasi mengenai kinerja jaringan seperti kecepatan akses dan koneksi jaringan ke internet.
  5. Mengamati sistem keamanan jaringan sehingga apabila pada saat monitoring admin melihat ada kelemahan pada sistem keamanan tersebut kelemahan tersebut dapat cepat diperbaiki.


Tahapan Monitoring Jaringan

Secara garis besar tahapan Monitoring jaringan hanya terbagi dalam 3 tahapan, yaitu:
1. Tahap Pengumpulan
Pada tahap ini terdapat proses pengumpulan data monitoring yang terdapat pada jaringan.
2. Tahap Analisis
Proses analisis data monitoring dalam jaringan.
3. Tahap Menampilkan Hasil
Tahap ini akan menampilkan data hasil monitoring yang telah dilakukan. 

Macam Macam Monitoring Jaringan

Berdasarkan teknik yang digunakan Monitoring Jaringan dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
1. Connection Monitoring 
Teknik monitoring jaringan dimana teknik ini melakukan monitoring dengan cara uji koneksi seperti tes ping antara monitoring station dan device target dengan tujuan jika koneksi terputus maka dapat segera diperbaiki.
2. Traffic Monitoring 
teknik monitoring jaringan yang mana teknik ini menggunakan paket aktual dan kemuadian menghasilkan laporan berdasarkan traffic jaringan tersebut.

Contoh Aplikasi Monitoring jaringan

Alat monitoring jaringan yang kami rekomendasikan adalah Netmonk. Dengan produk Netmonk Prime, pengguna dapat merasakan tiga modul sekaligus, yakni Network Monitoring, Web/API Monitoring, dan Server Monitoring yang tersedia dalam satu dashboard.

Pengguna tidak perlu khawatir soal data-data laporan dalam dasbor. Data seperti device status, link utilization, CPU status, RAM status, hingga Storage status sudah tercakup. Pengguna juga dapat mengaktifkan alert notifikasi melalui Telegram apabila notifikasi via email dirasa kurang cepat.
  • Nmap
  • Wireshark
  • Look@LAN
  • Angry IP Scanner
  • Dude

Sekian bahasan saya seputar Monitoring Jaringan.Terima kasih telah membaca dan Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url